Akarindo

Seputar Product Manager, Tugas, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karir

Seorang product manager merupakan kunci dalam proses pengembangan produk, dimana ia terlibat mulai dari awal proses penciptaan produk.
 

Seorang Product Manager (PM) bekerja dengan berfokus pada strategi untuk menciptakan, mendistribusikan, menjual, dan mendapatkan umpan balik tentang produk atau layanan tertentu.

Simak penjelasan lengkap mengenai Product Manager pada artikel berikut!

Apa itu Product Manager?

ilustrasi product manage sedang brainstroming ide produk

Ilustrasi Product Manager sedang Brainstorming (from Unsplash)

Product Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab atas pengembangan dan pengelolaan suatu produk atau lini produk dari suatu perusahaan.

Product Manager atau PM terlibat dalam perencanaan strategis, riset pasar, pengembangan produk, dan koordinasi dengan berbagai tim, termasuk teknik, desain, pemasaran, dan penjualan.

Product Manager bekerja sama dengan tim lintas divisi untuk mendefinisikan visi produk, menetapkan tujuan, dan memprioritaskan fitur beserta pengembangan.

PM mengumpulkan informasi dari klien, menganalisis tren pasar, dan mengidentifikasi peluang untuk menghadirkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan klien dan selaras dengan tujuan perusahaan.

Peran Product Manager

Setelah mengetahui penjelasan tentang product manager, selanjutnya kami uraikan beberapa peran dari product manager:

1. Menentukan Visi dan Strategi

Salah satu peran utama PM adalah menentukan visi dan strategi produk. Manajer Produk bertanggung jawab dalam menetapkan visi dan strategi yang jelas dari produk, lalu menyelaraskannya dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.

2. Mengidentifikasi Kebutuhan Pelanggan

Seorang Manajer Produk harus mengetahui apa yang diinginkan pelanggan adalah tanggung jawab yang sangat penting.

Karenanya, PM melakukan riset pasar, mengumpulkan umpan balik, dan menganalisis data pengguna untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mencatat poin-poin penting lainnya.

3. Membuat Roadmap Produk

Membuat Roadmap Produk adalah salah satu tanggung jawab penting PM. Mereka harus mengembangkan roadmap produk dengan menguraikan fitur-fitur yang direncanakan dan pengembangan produk, memprioritaskan poin-poin tersebut berdasarkan kebutuhan pelanggan dan bisnis.

4. Berkolaborasi dengan Tim Lintas Divisi

Kolaborasi yang efektif dengan anggota divisi lain dalam perusahaan juga sangatlah penting.

PM bekerja sama dengan desainer UX/UI, developer, dan stakeholder lainnya untuk memastikan pengembangan dan penyerahan produk yang sukses.

5. Memantau & Menganalisis Kinerja Produk

Terakhir, memantau dan menganalisis kinerja produk juga peran PM yang sangat penting.

Mereka memantau indikator kinerja utama untuk menilai keberhasilan produk dan membuat keputusan berdasarkan data untuk penyempurnaan produk.

Tugas dan Tanggung Jawab Product Manager

PM tentu memiliki job desk yang berkaitan dengan pengembangan produk atau layanan sebuah perusahaan dan keberhasilan dari produk tersebut. Berikut ini rincian dari tugas atau jobdesc PM:

  • Mendefinisikan visi, strategi, dan roadmap produk.
  • Mengumpulkan, mengelola, dan mengatur prioritas kebutuhan pasar/pelanggan.
  • Bertindak sebagai advokat pelanggan yang mengartikulasikan kebutuhan klien.
  • Bekerja sama dengan bagian engineering, penjualan, pemasaran, dan pengembangan untuk memastikan tercapainya tujuan bisnis dan kepuasan pelanggan.
  • Memiliki pengetahuan teknis produk ataupun domain.
  • Mendefinisikan apa yang harus ditangani dalam dokumen kebutuhan pasar, dimana Manajer Produk mengartikulasikan masalah pasar yang penting untuk dipecahkan bersama dengan prioritas dan justifikasi untuk setiap bagian dari penyelesaiannya.
  • Menjalankan program beta dan pilot selama fase kualifikasi dengan produk dan sampel yang mendekati final. Dalam metode proyek manajemen agile, secara berkala memeriksa pekerjaan yang telah diselesaikan dan memastikan bahwa pekerjaan tersebut telah memenuhi harapan pelanggan.
  • Mengembangkan product positioning.
  • Merekomendasikan atau berkontribusi dalam penetapan harga produk.

Skill yang Dibutuhkan Seorang Product Manager

Ilustrasi seorang product manager sedang melakukan presentasi

Ilustrasi seorang PM sedang melakukan presentasi (from Unsplash)

Setelah mengetahui penjelasan tentang tugas dan tanggung jawab product manager, selanjutnya merupakan beberapa skill yang wajib dimiliki oleh PM:

1. Pemahaman Mengenai Produk dan Industri

PM harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk yang mereka kelola serta industri tempat produk tersebut beroperasi.

Mereka perlu memahami kebutuhan pelanggan, tren pasar, dan persaingan agar dapat mengarahkan pengembangan produk secara efektif.

2. Manajemen Proyek

Keterampilan manajemen proyek sangat penting karena Product Manager bertanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, dan mengawasi pengembangan produk dari awal hingga peluncuran.

Mereka perlu memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya, mengidentifikasi dan mengatasi hambatan, serta memastikan proyek berjalan sesuai jadwal dan anggaran.

3. Analisis Data

Product Manager harus dapat mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk mengambil keputusan yang didukung oleh fakta dan pemahaman yang mendalam tentang pasar dan pelanggan.

Kemampuan dalam menggunakan alat analisis data dan pemahaman statistik akan sangat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat.

4. Strategi Produk

PM bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi produk jangka panjang dan merumuskan visi yang jelas untuk produk tersebut.

Mereka perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang tujuan bisnis, pelanggan, dan pasar untuk mengarahkan pengembangan produk dengan benar.

5. Komunikasi yang Efektif

Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat penting dalam peran Product Manager.

Mereka harus dapat berkomunikasi dengan anggota tim, pemangku kepentingan, dan pelanggan secara efektif untuk memastikan pemahaman yang jelas tentang kebutuhan dan tujuan produk.

Jenjang Karir Product Manager

Melansir dari situs TheProductManager, berikut beberapa jenjang karir PM:

1. Associate Product Manager (APM)

Posisi APM adalah tempat sebagian besar fresh graduate atau mereka yang baru saja memasuki bidang ini akan memulai kariernya. Kandidat dengan gelar di bidang ilmu komputer, bisnis, dan program studi terkait lainnya mungkin akan lebih diutamakan. 

APM ditugaskan dalam proyek-proyek utama dan membantu product manager. APM ditugaskan pada level ini guna memperoleh gambaran umum tentang pekerjaan product manager dan nantinya bisa mengembangkan karirnya ke level yang lebih tinggi. 

Rata-rata gaji: Rp6.000.000/bulan

2. Product Manager (PM)

Product Manager (PM) adalah orang yang bertanggung jawab atas pengembangan produk. PM memainkan peran dalam pengambilan keputusan karena memiliki pengetahuan yang lebih luas dan pemahaman yang lebih dalam tentang kebutuhan pelanggan, produk, dan pasar.

Memainkan peran yang kuat dalam aspek manajemen proyek pengembangan produk, PM terus berkomunikasi dan berkolaborasi dengan seluruh tim di perusahaan juga klien dan dewan direksi.

Rata-rata gaji: Rp7.500.000/bulan

3. Product Owner (PO) 

Product Owner adalah perwakilan pelanggan dalam proses pengembangan produk. PO bertugas mengumpulkan data tentang kebutuhan pelanggan dan menerjemahkannya ke dalam persyaratan produk untuk kemudian dikerjakan oleh tim pengembang.

PO memprioritaskan backlog yang akan dikerjakan oleh pengembang dalam sprint atau periode kerja yang singkat.

Rata-rata gaji: Rp15.000.000/bulan

4. Senior Product Manager (SPM) 

Peran Senior Product Manager (SPM) mencakup banyak tugas yang sama dengan PM, tetapi memiliki lebih banyak interaksi dengan eksekutif, departemen legal, dan tim dengan jabatan yang lebih tinggi.

Keputusan yang Anda buat sebagai SPM memiliki dampak yang lebih besar dan visibilitas yang lebih tinggi. SPM bertanggung jawab atas fitur dan fungsi utama, serta peningkatan produk yang sudah ada. 

Rata-rata gaji: Rp35.000.000/bulan

Jurusan yang Relevan dengan Product Manager

Perlu diketahui bahwa skill, kapabilitas, dan pengalaman adalah hal yang lebih penting jika ingin mendalami bidang ini.

Namun, jika Anda ingin mempelajari pengetahuan fundamental yang akan berguna sebagai PM, ada beberapa jurusan yang menawarkan mata kuliah relevan, misalnya Manajemen Produk.

Berikut ini beberapa jurusan yang relatif relevan dengan bidang PM:

  • Manajemen Operasi
  • Manajemen Bisnis
  • Manajemen Pemasaran
  • Desain Produk
  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika
  • Teknik Elektro
  • Komunikasi
  • Administrasi Niaga

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang PM.

Perlu diketahui bahwa Sekawan Media membuka kesempatan bagi Anda yang ingin mengembangkan karir, sebagai Product Manager maupun dalam ranah lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akarindo

Admin

Halo, Selamat datang di situs kami. Apa yang bisa kami bantu?

Powered by WpChatPlugins
Scroll to Top